Memilih Menulis sebagai Candu Abadi

https://www.estalinafebiola.com/memilih-menulis-candu-abadi/

Mau tahu alasan gue kecanduan menulis? Yuk kesini..

 

Buat gue pribadi, saat gue ketemu orang baru yang punya hobi tertentu, pertanyaan tentang alasan kenapa dia bisa suka sama hobinya itu pasti deh biasanya gue utarain. Alasan gue kenapa bertanya kayak gitu adalah karena tiap orang biasanya punya alasan personal yang unik, biasanya dari pertanyaan kayak gitu bakal bisa digali percakapan lain yang lebih dalem, dan dari situ biasanya mulai kegambar karakter orang yang lagi di depan kita itu kayak gimana. Biar ngga salah ngadepin juga sih..hehe.

 

 

Nah, di posting-an kali ini, gantian gue yang mau coming out tentang alasan kenapa gue punya hobi menulis. Sebelum masuk ke intinya, gue mau cerita sedikit tentang latar belakang sampai akhirnya gue punya hobi menulis. Awalnya adalah karena setelah gue bisa lancar baca, gue jadi seneng banget dan hampir apapun kayak koran, majalah, dan novel Goosebumps yang pas kebetulan ada di rumah pasti gue baca.

 

Berangkat dari hal – hal tersebut, gue yang masih kecil (kelas 1 SD) dan gabut akhirnya buat mengisi waktu kosong jadi ikut – ikutan nulis. Gue pertama kali nulis di buku tulis biasa, ngarang – ngarang cerita ala – ala Goosebumps tapi akhirnya ngga pernah gue selesaiin karena kayaknya emang ngga bakat nulis fiksi..hehe. Kemudian gedean dikit (kelas 5 SD), gue mulai rajin nulis di buku harian. Sampe sekarang gue masih punya buku harian, tapi ngga setiap hari gue nulis di situ. Nulis kalo lagi ada uneg – uneg aja, semisal ada masalah yang belom selesai.

 

Podcast Keren Wajib Kenal

 

Seiring berjalannya waktu, gue melewatinnya dengan baca, nonton, dan pengalaman – pengalaman gue yang absurd. Kemudian setelah melewati itu, pikiran gue kayak terprovokasi buat ngasih opini tersendiri atas hal – hal yang udah gue alamin itu. Dimana gue pribadi merasa, kalau pikiran ini ngga ditumpahkan gue berasa pikiran gue kayak penuh gitu. Selain menumpahkan isi pikiran, sebetulnya gue berharap dapet teman diskusi yang bisa memperluas persepsi gue. Jadilah singkatnya, mulai terpikir di benak gue buat menulis lebih dari sekedar buat pribadi aja (buku harian), tapi mulai merambah ke media yang bisa diakses siapapun (blog).

 

Setelah beberapa saat menumpahkan isi pikiran gue di blog, mulai terpikir buat pakai blog untuk berbagi informasi. Ide ini muncul setelah gue berhasil melewati suatu permasalahan dengan harapan orang lain bisa dapet manfaat dari posting-an gue itu. Pernah juga sih gue ngga punya permasalah tersebut tapi topik itu tetep gue tulis di blog karena gue berpikir itu adalah informasi yang menarik. Kalo motif ini, biasanya gue lakuin setelah nonton seminar, webinar atau dengerin podcast karena kepo. Namun terkadang juga, gue posting artikel buat menolong diri gue sendiri. Misalnya buat jaga – jaga kalo seandainya gue lupa akan suatu tutorial, jadi bisa gue lihat kembali dari posting-an gue yang dulu.

 

Kemudian setelah beberapa saat blogging, gue mulai melihat ada beberapa orang yang bisa menghasilkan pendapatan sampingan dari hasi blogging. Dari sini, mulai terpikir juga buat gue nyobain hal yang sama itu. Udah ada beberapa hal yang gue coba, tapi semua masih di tahap awal jadi sampai saat ini belom kelihatan hasil yang signifikan..hehe.

 

Sebagai penutup, intinya adalah alasan gue suka menulis adalah karena gue punya dorongan yang kuat buat mengekspresikan apa yang menjadi opini gue,  gue mencari orang yang bisa diajak berdiskusi atau memperluas persepsi gue, gue mau berbagi tentang hal – hal yang sekiranya bisa membantu orang lain, gue mau mendokumentasikan hal – hal (tutorial) yang terbukti membantu gue sekaligus menjadi catatan kalo seandaianya di kemudian hari gue perlu lagi tapi gue udah lupa karena kejadiannya udah lama, dan gue juga mau mencari peruntungan baru alias mencari pendapatan sampingan dari hobi menulis.

 

Ada yang mau kasih saran lain tentang alasan menulis yang bisa gue coba?

 

Instagram

Tagged : / / /

6 thoughts on “Memilih Menulis sebagai Candu Abadi

  1. Kayaknya dari artikel yang kamu unggah memang mostly buah pemikiran kamu akan suatu hal yang pengen diutarakan melalui bahasa kamu sendiri yq sis…menurutku alasan ini udah lebih dari cukup biar bisa terus eksis nulis.

  2. Yuk yuk kita diskusi mbak. Sering kali pas baca tulisan dirimu, pengennya komen langsung. Sepertinya akan lebih mengasikkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram